Membangun Kepercayaan Konsumen dan Branding dengan Content Marketing

Content Marketing untuk meningkatkan kepercayaan konsumen

Jika bisnis online Anda ingin berjalan jangka panjang, stabil dan memberikan hasil berkesinambungan, mungkin Anda perlu mempelajari content marketing.

Apa itu content marketing?

Content marketing adalah sebuah strategi pemasaran dimana kita merencanakan, membuat, mempublikasikan dan mendistribusikan konten yang mampu menarik audiens.

Content marketing ini bermanfaat untuk seseorang atau perusahaan yang bertujuan :

  • mengenalkan dan menunjukkan kelebihan dari produk atau layanan Anda

  • membangun hubungan dengan audiens

  • meningkatkan kesadaran dan pengakuan dari audiens kepada merk Anda.

  • membangun loyalitas dan kepercayaan pelanggan Anda

  • membangun komunitas support dari pengguna atau pelanggan produk Anda

Namun, bukan berarti strategi ini adalah tanpa kekurangan. Ada beberapa hal yang mungkin membuat content marketing tidak cocok untuk sebagian orang (mungkin Anda juga tidak cocok) :

  • Content marketing bukan strategi ajaib yang memberikan hasil dalam semalam. Jadi menurut saya, content marketing tidak cocok untuk bisnis musiman atau bisnis yang membutuhkan hasil sekejab.

  • Content marketing membutuhkan ketekunan dalam melakukan riset, memproduksi konten dan menganalisa konten.

  • Content marketing sebaiknya dijalankan secara tim. Membuat sekian banyak konten untuk satu tujuan akan sangat melelahkan. Saran saya, bangun tim atau hire profesional untuk membantu Anda. Dengan begini, bisa jadi content marketing tidak cocok untuk Anda yang lebih suka bekerja sendiri dan menginginkan hasil sempurna.

Macam-macam konten untuk content marketing

Anda bisa menggunakan banyak bentuk konten untuk melakukan content marketing, diantaranya :

1) Artikel blog

Jika Anda ingin membangun bisnis jangka panjang di dunia online, maka artikel blog wajib ada dalam website Anda. Selain untuk mendapatkan traffic dari SEO, artikel bermanfaat untuk branding dan membangun komunitas melalui diskusi di kolom komentar.

Dengan artikel Anda juga dapat melakukan edukasi kepada pelanggan Anda mengenai kualitas layanan/produk, bagaimana karakteristik perusahaan Anda, untuk siapa produk dan layanan Anda, dll.

2) Foto & Status di media sosial

Apapun yang Anda posting di media sosial dapat menjadi konten untuk content marketing. Dengan menggunakan platform seperti Facebook, Instagram, Twitter dan media sosial lainnya, Anda dapat menggiring dan mengarahkan audiens kepada penjualan atau kepada tujuan marketing Anda.

3) Infografis

Ini adalah salah satu konten paling populer saat ini. Karena jenis konten ini selain memberikan gambar yang menarik, juga memberikan edukasi yang bermanfaat bagi pembacanya.

Tidak perlu panjang lebar dalam membuat tulisan. Anda bisa mengemasnya dalam satu gambar, membuat audiens langsung paham.

4) Video

Saat ini pilihan mendistribusikan video semakin beragam. Tidak hanya dengan Youtube dan Facebook. Anda bisa memposting video Anda di vimeo, instagram post, IGTV, Twitter, dll.

Keunggulan video adalah mudah pembuatannya. Cukup dengan kamera dan microphone sudah bisa dibuat. Bagi Anda yang ingin membuat video tutorial Anda bisa menggunakan aplikasi screen recorder seperti OBS dan Camtasia Studio.

5) Podcast

Saat ini podcast sedang naik daun. Banyak Youtuber yang mulai merambah ke podcast. Meskipun isinya kebanyakan adalah audio dari video Youtube-nya saja.

Keunggulan podcast adalah dapat dinikmati sambil beraktifitas. Tidak seperti artikel, video dan jenis konten lainnya, podcast dapat didengarkan sambil melakukan atifitas seperti menyetir, nge-gym, jogging, dll.

6) Live Webinar

Webinar sering digunakan oleh para internet marketer untuk melakukan edukasi, sharing tutorial, dan tentu saja untuk mempromosikan produk / layanan mereka.

Saat ini membuat live webinar jauh lebih mudah dan murah. Karena Anda dapat melakukannya dengan menggunakan Youtube Live atau Facebook Live.

Content marketing dan Branding

Setiap kali merencanakan dan hendak membuat konten ada satu hal yang perlu diingat yaitu branding.

Jangan sampai membuat konten yang tidak mengarah pada tujuan marketing atau tidak sejalan dengan branding yang sedang dibangun.

Berkaitan dengan brand yang ingin dibangun, maka hal yang perlu diperhatikan pada konten tidak hanya mengenai isinya saja. Tapi juga berkaitan dengan bahasa, gaya komunikasi, dll.

Content marketing dan Context

Konten sangat bergantung pada konteks.

Tidak semua konten itu cocok dengan audiens Anda.

Misalnya, Anda jualan baju cewek. Kemudian ingin membuat konten untuk edukasi produk. Maka akan sulit jika menggunakan konten podcast. Karena mungkin edukasi untuk produk fashion membutuhkan konten visual untuk lebih menarik.

Buatlah konten berdasarkan target marketnya.

Sebelum merencanakan konten, maka Anda harus tahu siapa target market Anda.

Ada tiga aspek untuk menentukan target market :

1) Demografi

  • Usia

  • Jenis kelamin

  • Kota tinggal

  • Dll

2) Psikologi

  • Masalah

  • Keinginan

3) Behaviour

  • Hobi

  • Kebiasaan

  • Perilaku belanja

  • Media sosial

Tahap-tahap melakukan content marketing

Ada beberapa tahap yang bisa Anda lakukan untuk memulai content marketing.

Tahapan ini adalah diluar menentukan target market-nya ya… Artinya Anda sudah harus tahu siapa target market Anda sebelum memulai tahap-tahap berikut.

1) Merencanakan konten

Fokus dari tahap ini adalah menentukan tujuan konten, topik konten dan bentuk konten.

Satu konten hanya boleh punya satu tujuan (konversi), misal klik link, baca artikel, mendaftarkan alamat email, dll.

Jadi tujuan dari konten adalah tindakan/action yang harus dilakukan oleh audiens melalui konten Anda.

2) Membuat konten

Tahap awal sebelum konten Anda dibuat adalah menentukan bentuk konten. Anda bisa baca daftar macam-macam konten di atas untuk mengetahui konten mana yang sesuai untuk Anda buat.

Setelah itu mulailah membuat.

Ada beberapa alat / tools yang bisa Anda gunakan untuk membuat konten antara lain :

  • Word proccessor, fungsinya untuk membuat konten dalam bentuk tulisan. Saya sendiri lebih suka menggunakan google docs. Selain mudah, dapat diakses dari manapun dan bisa langsung tersimpan di google drive.

  • Canva, dapat berguna untuk membuat konten dalam bentuk gambar. Ada banyak template yang bisa Anda gunakan disana. Canva gratis untuk Anda gunakan. Ada beberapa template yang berbayar.

  • Visage, tools untuk membuat infografik. Anda bisa membuat beraneka macam infografik sesuai dengan kebutuhan Anda. Gratis.

  • Open-Broadcasting Software (OBS), software gratis untuk membuat konten video. OBS dapat Anda gunakan untuk melakukan screen-recorder.

  • Anchor.fm, aplikasi gratis yang bisa Anda gunakan untuk memulai podcast Anda. Menariknya anchor.fm dapat mempublikasikan podcast Anda sampai ke Spotify.

Sebenarnya masih banyak software gratis yang bisa Anda gunakan. Anda bisa explore dengan menggunakan google dan kreatifitas Anda memainkan kata kunci untuk mencarinya.

3) Mendistribusikan konten

Konten sebagus apapun jadinya tidak akan berguna jika tidak punya audiens.

Anda bisa memulai menggunakan media-media online untuk mendistribusikan konten Anda.

Tujuan dari tahap ini adalah sebanyak-banyaknya audiens tertarget Anda tahu dan bisa mengakses konten Anda.

Misal Anda punya konten gambar yang Anda post di Instagram. Agar banyak audiens yang melihat maka Anda harus mengundang mereka agar bisa mengakses konten tersebut di Instagram.

Caranya :

  • share dan upload di story instagram

  • beritahu audiens melalui channel telegram

  • beritahu audiens di Facebook

  • dll

Ada banyak hal yang bisa Anda gali dengan menggunakan content marketing. Bahkan beberapa sumber mengatakan bahwa content marketing adalah metode pemasaran terbaik abad ini.

Pada dasarnya membuat konten itu mudah.

Yang menantang adalah membuat konten yang sesuai dengan tujuan branding, tujuan bisnis dan dapat memberikan konversi yang baik.

Di artikel-artikel berikutnya akan dibahas lebih mendalam mengenai tahap-tahap content marketing. Dan juga bagaimana melakukan content marketing, tanpa harus menjadi ahli desain grafis, copywriter, video editing, dll.

Bagi Anda yang ingin segera mendapatkannya…

>>> Anda bisa mulai panduannya sekarang disini

Sampai jumpa di panduan selanjutnya.

Yuk Bagikan Manfaat :

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on whatsapp

Cara saya menghasilkan uang dengan email marketing!

Saya kirim panduannya lewat email

Masukkan nama dan email valid Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *