Sistem Autopilot Bisnis MLM - diannugroho.com

Sistem Autopilot Bisnis MLM di Internet

Banyak pelaku bisnis MLM atau Network Marketing ingin segera membuat bisnisnya berjalan dengan sistem Autopilot. Bahkan dari sejak awal membangun bisnis.

Tapi kebanyakan tidak mau melewati prosesnya yang rumit dan agak njelimet.

Namun sebelum kita lanjutkan, perlu dipahami bahwa membangun bisnis MLM secara autopilot sendirian itu belum pernah terjadi.

Kenyataannya, yang saya temui di lapangan adalah bisnis autopilot yang dijalankan secara tim (teamwork).

Teamwork di sini bukan mengacu pada jaringan tim bisnis yaitu upline dan downline. Tapi tim yang bekerja kepada Anda.

Mereka biasanya dibagi menjadi beberapa bagian, misalnya tim marketing, tim copywriter, tim desain, dll.

Meskipun begitu, Anda dapat bekerjasama dengan para mitra bisnis Anda untuk melakukan kerja tim ini.

Mengapa harus teamwork? Bisa dilakukan sendiri?

Begini…

Sistem autopilot itu bukan berarti menggunakan 100% sistem robot, kemudian Anda tinggal tidur dan dapat uang.

Sampai detik ini, saya belum pernah menemui pebisnis yang seluruh aktifitas bisnisnya benar-banar lepas dari campur tangan manusia. Meskipun ada beberapa hal yang dapat dikerjakan oleh sistem otomatis seperti email autoresponder atau add to cart, sebuah sistem bisnis harus tetap dimonitor dan dikendalikan oleh manusia, terutama Anda dan tim Anda.

Untuk dapat membangun sebuah sistem autopilot yang baik, banyak yang perlu dilakukan.

Antara lain :

  1. Membuat website
  2. Desain website
  3. Desain konten promo
  4. Membuat artikel
  5. Membuat landing page
  6. Membuat lead magnet
  7. Merancang dan membuat email langganan
  8. Pemasaran di Media Sosial
  9. DLL

Sebagai contoh…

Ketika Anda menjalankan bisnis MLM Anda dengan memulai dari membuat blog, maka Anda harus membuat website berserta isi artikel-artikelnya.

Kalau hanya untuk membuat website dan membuat artikel sebenarnya pekerjaan mudah.

Membuat website sederhana, hanya butuh waktu kurang dari 10 menit. Tutorialnya bisa Anda temukan dengan bantuan search engine.

Lain ceritanya… membuat website yang baik, tampilan yang baik, user friendly, fast loading, dan dengan fitur-fitur yang baik. Anda perlu keahlian, pengalaman dan waktu khusus untuk mengerjakannya. Mudah jika Anda punya dana yang cukup untuk meng-hire¬†web developer untuk mengerjakannya. Tapi jika Anda tidak punya dana, coba pikirkan untuk memiliki tim kerja.

Membuat artikel sederhana dengan 300 atau 500 kata, bisa dikerjakan dalam waktu kurang dari 2 jam, sudah termasuk riset topik dan konten. Artinya jika dalam sehari Anda punya waktu 6 jam untuk blog bisnis MLM Anda, maka dalam sehari Anda bisa punya 3 artikel baru dalam blog Anda.

Tapi untuk membuat sebuah artikel berkualitas tinggi dengan minimal 1000 kata, padat berisi dan enak dibaca, maka waktu 6 jam adalah sangat kurang untuk Anda. Bahkan mungkin Anda perlu 1 minggu untuk membuat 1 artikel yang benar-benar berkualitas.

Padahal… Jika penting sekali memiliki banyak konten yang baik dan berkualitas di awal-awal Anda memulai menjalankan bisnis MLM di internet.

Anda bisa bayangkan, berapa banyak waktu yang Anda butuhkan untuk memulainya.

Itulah alasannya, penting sekali Anda memiliki Tim Kerja yang solid.

Singkatnya, untuk memulai membangun Bisnis MLM secara online …

  • Jika Anda punya dana operasional yang cukup besar dan waktu Anda terbatas, silakan hire orang
  • Jika Anda tidak punya dana operasional yang cukup dan waktu Anda terbatas, bangun tim kerja
  • Jika Anda tidak punya dana operasional yang cukup tapi waktu Anda tidak terbatas (tidak buru-buru), Anda bisa membangun sendiri

Itu baru memulainya lho…

Nah kalau sudah jalan… Anda betul-betul perlu punya tim kerja.

Karena kerja marketing bukan kerja sekali dan selesai. Tapi kerja yang terus menerus dan berkesinambungan.

Ilmu marketing sendiri pun terus berkembang.

Cara marketing ketika tahun 90an ketika internet belum pesat, berbeda dengan marketing ketika internet sudah banyak dikenal, beda lagi ketika sudah ada media sosial dan ketika sudah ada smartphone.

Tentu saja cara marketing 5 tahun lagi sudah akan berkembang dan berbeda dari sekarang.

Hal-hal seperti ini tidak bisa Anda tinggal tidur kan?

Jadi Anda harus terus menerus mengembangkan sistem Anda dan model pemasaran Anda di internet.

Dan hal ini tidak dapat Anda kerjakan sendirian. Ya bisa sih…. tapi ya akhirnya nggak jadi autopilot donk.

Sistem Autopilot, Teamwork dan Leadership

Urusan teamwork tidak lepas dari yang namanya leadership atau kepemimpinan.

Sekelompok tim kerja akan dapat memberikan kinerja yang baik apabila memiliki pemimpin (leader) yang baik pula.

Leader disini bukan peringkat, melainkan seorang yang memiliki sikap-sikap yang tepat sebagai seorang pemimpin.

Apabila Anda memiliki sikap-sikap yang tepat sebagai seorang leader yang baik, maka Anda akan dapat memimpin tim kerja yang solid dan memiliki kinerja yang baik. Tim kerja yang baik akan dapat membangun dan menjalankan sistem autopilot yang baik pula.

CEO-Stars mengulas dengan sangat baik 10 Soft Skill yang harus dimiliki seorang pemimpin. Antara lain :

  1. Jujur
    Tidak ada seorangpun yang mau dibohongi. Apalagi dibohongi oleh pemimpinnya. Semua orang menyukai orang yang jujur. Bahkan seorang penipu pun menyukai orang yang jujur.
  2. Komitmen
    Komitmen menunjukkan sikap konsistensi dalam bertindak. Seorang yang berkomitmen dalam sebuah organisasi akan dapat menggerakkan tim dalam organisasi tersebut. Jaringan bisnis MLM bisa dikatakan sebuah organisasi yang seluruh anggotanya memiliki tujuan untuk sukses di bisnis yang sama.
  3. Komunikasi
    Pemimpin yang baik harus mampu berkomunikasi dengan baik. Komunikasi yang baik tidak sama dengan berbicara dengan baik. Komunikasi lebih dari sekedar berbicara. Seorang pemimpin harus menguasai kemampuan berkomunikasi untuk dapat mengkomunikasikan ide, menghubungkan antar personal tim dan menggerakkan tim untuk menjalankan misi.
  4. Mendelegasikan Pekerjaan
    Pemimpin yang baik bukan seorang yang ahli yang memiliki kemampuan teknis yang hebat. Seorang pemimpin harus mampu mendelegasikan pekerjaan-pekerjaan baik teknis maupun non-teknis kepada tim nya. Dengan memberikan kepercayaan kepada tim secara otomatis menciptakan kepercayaan tim kepada pemimpinnya.
  5. Percaya Diri
    Setiap organisasi, kelompok maupun tim pasti akan melalui masa-masa kritis. Pada saat gelombang kritis datang, seorang pemimpin harus memiliki kepercayaan diri untuk dapat mengambil keputusan agar tim mampu melewati gelombang krisis tersebut.
  6. Sikap Positif
    Memberikan sapaan, mengucapkan selamat ulang tahun atau sesekali ngopi bersama anggota tim adalah sebuah sikap dan perilaku positif yang dapat memberikan dampak yang baik dalam meningkatkan kepercayaan anggota kepada Anda.
  7. Kreatif
    Banyak orang mengira kreatif adalah melakukan tindakan-tindakan yang belum pernah dilakukan atau membuat sebuah inovasi baru. Kreatif lebih dari itu. Membuat perencanaan bisnis yang matang dan menjalankan sesuai rencana untuk mencapai goal, adalah sebuah kreatifitas. Kreatif juga termasuk memunculkan ide-ide baru untuk keluar dari zona krisis atau zona nyaman.
  8. Intuitif
    Pemimpin perlu memiliki intuisi yang baik dalam menggerakkan tim nya. Tindakan-tindakan yang muncul dari cara berpikir intuitif dapat membantunya melewati gelombang krisis, membuat lompatan besar dalam organisasi bisnisnya.
  9. Menginspirasi
    Menginsporasi beda sekedar memotivasi atau memberi contoh. Menginspirasi berarti membantu orang lain untuk dapat melihat masa depan yang baik sesuai dengan visinya. Disini diperlukan kemampuan komunikasi sehingga pemimpin tidak terkesan menggurui.
  10. Pendekatan Personal
    Tim adalah kelompok dari beberapa individu. Setiap individu memiliki karakter dan kepribadian yang unik. Seorang pemimpin yang baik paham betul karakter dari masing-masing individu dalam tim kerjanya, sehingga mampu mensinergikan dengan individu lain dalam satu tim. Untuk dapat memahami karakter dan kepribadian setiap individu, maka seorang pemimpin harus mampu melakukan pendekatan personal.

Semoga Bermanfaat.

Terimakasih banyak ya... bagi yang telah berbagi artikel ini. :)

Dapatkan Panduan Bisnis Online dan Internet Marketing
GRATIS Langsung ke Email Anda

Artikel Panduan yang perlu Anda baca...

Tulis komentar, pertanyaan atau pendapat Anda mengenai artikel ini... :)