Tools SEO untuk Blog WordPress saya

Anda pengguna WordPress? Sama saya juga. Sudah lebih dari 3 tahun untuk blog toko online, tapi baru beberapa bulan untuk blog pribadi. Meskipun masih unyu dalam dunia blog, saya pikir tidak masalah untuk urun pendapat mengenai tools SEO untuk blog.

Jadi di akhir tahun 2015 saya mulai ngblog untuk toko online saya. Saat itu tools yang saya gunakan adalah Yoast SEO. Alasannya cukup sederhana, karena mudah. Itulah yang saya pikirkan waktu itu.

Tapi sejak tahun lalu untuk beberapa blog saya menggunakan All-in-One SEO pack.

Lho kok pindah?

Jadi kalau di awal saya pikir bahwa Yoast SEO adalah yang paling simple. Ternyata karena saya belum mengeksplore plugin SEO lainnya. Dan benar All-in-One SEO pack lebih simple daripada Yoast SEO.

Sebenarnya bukan pindah juga sih. Tapi lebih mencoba alternatif lain selain Yoast SEO. Karena blog toko online saya masih pakai Yoast SEO.

Kalau dibandingkan dengan All-in-One SEO pack, Yoast SEO memiliki fitur yang lebih menarik dan saya sukai yaitu Analysis results.

Ini adalah fitur yang menginformasikan kepada kita apa saja optimasi yang belum dan sudah kita lakukan.

Dengan begini kita dapat dengan mudah membuat artikel yang SEO Friendly karena ada arahan dari Yoast SEO.

Tools SEO saya saat ini

Setelah 3 tahun nge-blog dibantu dengan plugin Yoast SEO dan AIO SEO pack. Awal tahun 2019 ini saya justru menghapus semua plugin SEO saya.

Baik di blog lama maupun blog baru, saya tidak lagi menggunakan plugin SEO.

Sebelum saya ceritakan alasannya, perlu Anda ketahui dari menggunakan plugin SEO saya belajar banyak hal terutama mengenai SEO.

Terutama dengan fitur Analysis results dari Yoast SEO. Saya sangat terbantu sekali untuk memahami apa yang perlu saya lakukan untuk mengoptimalkan artikel saya agar lebih SEO Friendly.

Dari situ saya mulai memahami bahwa kunci dari SEO adalah menyediakan konten yang menarik dan berkualitas, yang disertai dengan kaidah-kaidah SEO yang baik.

Di sisi lain plugin-plugin SEO memberikan beban memory yang cukup lumayan di server. Tentu akan berpengaruh pada performa website saya. Dan kecepatan website berpengaruh pada trafik. Semakin berat sebuah website maka akan semakin banyak pengunjung yang malas berkunjung.

Ketika saya sudah memahami dengan baik kaidah-kaidah on-page SEO maka yang saya perlukan hanyalah sebuah tools untuk memasukkan meta keyword, meta title dan meta description.

Kebetulan theme yang saya gunakan sudah menyediakannya. Jadi saya tidak perlu menginstall plugin tambahan untuk mendapatkan fitur SEO ini.

Theme yang saya gunakan adalah LandingPress.

LandingPress adalah sebuah theme wordpress lokal yang dibuat dengan fitur-fitur yang sangat sesuai dan cocok untuk market di Indonesia.

Jadi kalau target market visitor website Anda adalah market lokal Indonesia maka LandingPress ini sangat cocok untuk Anda. Karena memang fitur-fiturnya dikhususkan untuk pengunjung Indonesia.

Fitur SEO dari LandingPress yang saya sukai adalah karena sangat sederhana. Kita cukup fokus pada meta Title, Meta Description, Meta keywords dan meta robot. Karena menurut saya dalam on-page SEO itu saja yang terpenting.

Setting SEO di LandingPress - diannugroho.com

Setting SEO di LandingPress – diannugroho.com

Selain itu, integrasi LandingPress ke berbagai layanan juga sangat menarik. Misalnya untuk Facebook pixel, Anda bisa memasukkan lebih dari satu kode piksel. Selain itu juga bisa diintegrasikan dengan Google Tag Manager dan Google Analitycs.

Untuk keperluan pembuatan landing page, LandingPress ini sangat powerfull banget. Karena sudah dilengkapi dengan Elementor dan ditambah dengan beberapa elemen-elemen yang memang sesuai dengan kebutuhan market lokal.

Meskipun punya banyak fitur, LandingPress adalah tema yang sangat ringan. Tidak perlu lagi khawatir dengan loading website yang lambat. Dengan sedikit optimasi Anda dapat memperoleh score yang cukup baik di GTmetrix.com.

Yang tidak saya sukai dari LandingPress adalah kostumisasi untuk blog yang masih kurang. Jadi bagi Anda yang blognya pengen jadi canggih sampai ada tulisan terbang atau bahkan ikan terbang, LandingPress kurang cocok untuk Anda.

Kesimpulan saya :

LandingPress dapat menjadi alternatif bagi Anda yang ingin memiliki blog sederhana, SEO Friendly dan memiliki fitur yang cukup lengkap. Jadi kalau Anda ingin theme wordpress yang membantu Anda untuk fokus ngeblog dan optimasi SEO, maka LandingPress dapat jadi pilihan Anda.

>> Ini dapat menjadi langkah awal Anda untuk mulai ngeblog!

Peace,

Dian Nugroho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *